Ilhamandhi's Blog
Just another WordPress.com weblog

mobile computing berbasis j2me

pertama kita definisikan dahulu apa kah itu mobile computing.

mobile computing Merupakan kelas tertentu dari system terdistribusi dimana beberapa node dapat melepaskan diri dari operasi terdistirbusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi kembali pada jaringan yang berbeda.

Dari definisi diatas kita dapat memahami mengapa kita membutuhkan mobile computing. Kata kuncinya adalah kita manusia dinamis yang senantiasa bergerak dan berkembang dari satu keadaan ke keadaan yang lain.

sedangkan definisi dr j2me adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen. Perangkat ini memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterei,layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah.

Program J2ME, seperti semua program JAVA adalah diterjemahkan oleh VM. Program-program tersebut dikompile ke dalam bytecode dan diterjemahkan denga Java Virtual Machine(JVM).Ini berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat.

Dalam mobile computing terdapat banyak tools yang dapat digunakan, seperti :

1. Java ME, popular untuk game

2. Symbian, general purpose

3. Android berbasis Linux

4. IPhone pada Mac OS X

5. dan lain sebagainnya

Tapi dalam artikel kali ini, saya akan coba membagi informasi tentang Java ME (atau yang lebih kita kenal di kuping J2ME)

Teknologi J2ME ditujukan untuk cakupan user yang luas sekali dari mulai handphone hingga set-top-box yang powerful seperti halnya sebuah komputer yang dilengkapi dengan J2SE atau J2EE. J2ME memiliki beberapa keunggulan yaitu

1. Sebagaimana kekhasan aplikasi yang ditulis dengan bahasa pemrograman Java maka aplikasi J2ME memiliki ciri running any where, any time, over any device.
2. Aplikasi dapat dijalankan secara on-line maupun off-line.
3. Memiliki kode yang portable.
4. Safe network delivery
5. Aplikasi yang ditulis dengan J2ME akan memiliki kompatibilitas yang tinggi dengan platform J2SE dan J2EE.

No Responses to “mobile computing berbasis j2me”

Leave a comment