Ilhamandhi's Blog
Just another WordPress.com weblog

hard computing

hard computing merupakan perkembangan dari soft computing.Pengertian hard computing adalah adalah metode komputerisasi secara kovensional atau boleh dibilang tradisional. perbedaan antara hard computing dan soft computing sanngat tipis. jika kita lihat definisi dari soft computing Soft Computing adalah kumpulan teknik – teknik perhitungan dalam ilmu komputer, inteligensia semu, machine learning dan beberapa disiplin ilmu teknik lainnya, yang berusaha untuk mempelajari, memodelkan, dan menganalisa fenomena yang sangat rumit : untuk metoda yang lebih konvensional yang tidak memberikan biaya rendah, analitis dan solusi lengkap.
Contoh dari hard computing adalah software untuk melakukan perhitungan matriks, persamaan linier atau persamaan matematis lain. Atau beberapa aplikasi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu di dalam kondisi real kehidupan.
Adapun tujuan metode soft computing adalah :

1. Non-linearitas dan kompleksitas problema. Kemampuan menyelesaikan problematika yang sulit dan tidak bisa diselesaikan dengan metoda biasa
2. Kemampuan memanipulir parameter yang tidak pasti ( sesuatu yang tidak bisa diukur secara pasti, misalnya mengukur kadar cinta )
3. Kemampuan men-generalisir solusi
4. Kemampuan klasifikasi dan kuantifikasi data, misalnya dengan lebih mudahnya pengerjaan kasus regresi linier dengan teknologi ini daripada dengan fuzzy logic.
5. Kemampuan mengatasi keterbatasan data, misalnya pada dunia statistic.
hard computing terbagi menjadi logika penalaran berbentuk simbol dan pencarian, pemodelan masalah di lakukan secara tradisional

No Responses to “hard computing”

Leave a comment